Selasa, 12 Juni 2012

Hari ini,Hariku..Bulan Juni ini juga Bulanku...


Hari ulang tahun memang hari yang sangat istimewa.
Hari di mana kita pertama kali kita melihat dunia.
Hari di mana ibu kita berjuang antara hidup dan mati
mempertaruhkan nyawanya demi melahirkan kita.
Hari di mana ayah kita menunggu dengan cemas dan was-was,
menantikan kedatangan kita ke dunia ini.
Alhamdulillah,puji syukurku pada-MU yaa Robbul'alamiin,
hingga hari ini aku masih diberi kesehatan dan lindungan-MU,
Hari ini,minggu kedua di bulan Juni,tak terasa umurku sudah berkurang satu tahun.
Bulan Juni memang selalu berkesan bagiku.
Aku terlahir di bulan ini,dari rahim seorang wanita terbaik yang juga terlahir di bulan ini.
Entah kebetulan atau tidak,di bulan ini pula almarhumah ibuku menghembuskan nafas terakhirnya,
Didepan mataku,di pangkuanku saat itu....
Namun,itu semua masa laluku,biarlah smua manusia pun akan merasakan hal yang sama,
termasuk aku,kamu sahabat-sahabatku.
Disamping itu,bulan juni tahun ini nampaknya juga akan menjadi bulan yang paling berat
dan penuh perjuangan untuk diriku sendiri.
Perjuangan untuk mempersiapkan diri ini menjadi insan yang lebih baik lagi,
dimata orang-orang yang  aku sayangi juga aku cintai,keluarga,sahabat,teman maupun kekasih hati,
Perjuangan menyelesaikan kerjaanku,memperjuangan tabunganku agar cukup untuk membeli tiket pesawat
agar bisa kembali ke tanah air indonesia,dan lainnya.
saya yakin teman-temanku juga akan sangat merindukan tentang moment ini.

Hemmmm....
Berbicara tentang hari lahir atau hari ulang tahun (istilah kerennya boss..)
pasti selalu identik dengan pesta dan kado.
Ulang tahun kali ini aku anggap istimewa,
bukan karena kado,atau karena ucapan selamat,dan
juga bukan karena pesta pora hari ulang tahun,
Bagiku,boro-boro kepikiran mau pesta,makan enak tau apalah,
masih diberi kesehatan scara fisik maupun lahir itu lebih dari segalanya.
disamping itu juga karena aku sendirian disini,
aku bisa menghabiskan hari-hariku bermuhasabah diri,
tanpa keluarga,teman,sahabat,apalagi kekasih tercinta.
Mungkin saja seandainya jika aku bisa berkumpul bersama mereka,
walau hanya sejenak mengistirahatkan diri dari berbagai masalah dan
kesibukan juga bercanda tawa,pastinya akan sangat menyenangkan.

Banyak orang merayakan hari ulang tahunnya dengan pesta-pesta besar dan meriah.
Terhanyut dalam gemerlapnya pesta dan perayaan tanpa berpikir mengenai makna dari ulang tahun tersebut.
Kalo kita mau mencoba renungkan,sebernarnya apa sih makna yang terkandung dalam hari ulang tahun itu,?

menurutku makna hari lahir seperti ini:

1. Bertambahnya pengalaman hidup.
Pastinya dengan semakin bertambahnya usia kita,semakin bertambah pula pengalaman hidup kita.
Pengalaman yang akan menjadi modal yang berharga untuk kehidupan di masa depan.

2. Berkurangnya jatah hidup di dunia.
Setiap manusia memiliki jatah umur masing-masing yang telah ditetapkan oleh Yang Maha Kuasa.
yakni Alloh subhanahu wa ta'ala.
semakin bertambah usia kita,berarti semakin dekat kita dengan kematian.

3. Momen untuk bersyukur.
Ideal-nya sih setiap hari bahkan setiap saat kita mestilah bersyukur akan semua nikmat yang telah Alloh swt berikan pada kita.
Namun kadang kita sering lupa kepada-Nya.
Oleh karena itu,jadikanlah hari lahir ini sebagai momen untuk bersyukur atas segala nikmat yang telah Dia berikan.

4. Momen untuk muhasabah dan refleksi diri.
Yakni merenungi tantang semua yang telah kita perbuat di masa yang lalu dan
berusahalah untuk memperbaikinya di masa depan.

5. Momen untuk merefresh proposal hidup.
Yakni menata dan memantapkan kembali rencana hidup di masa depan,
mempersiapkan diri dan memotivasi diri menjadi pribadi yang lebih baik.
Sahabat,Waktu akan terus berjalan dan hari akan terus berganti.
Masa lalu tak akan pernah kembali atau terulang lagi dalam hidup kita.
Setiap manusia memiliki masa tersendiri dalam hidupnya.
Masa kecil,masa bermain,masa sekolah,masa remaja,
masa berkeluarga,masa tua,dan lainnya.
Jangan pernah sia-siakan waktumu...!!
Gunakanlah waktu untuk hal-hal yang lebih berarti.
Ingatlah masa depan tak hanya sampai kita tua kelak,sampai kita masuk ke liang lahat.
Masa depan adalah juga kehidupan di alam akhirat selepas kita meninggalkan dunia yg ini.
Kita perlu mempersiapkan diri menghadapi kehidupan kekal tersebut,
di mana kita akan mempertanggungjawabkan apa yg telah kita lakukan di dunia ini.
Do'aku..
Yaa Alloh...
Berikanlah kesehatan diatas badanku,berilah kebaikan dalam pendengaranku,penglihatanku.
Yaa Alloh,aku memohon perlindungan kepadamu dari kekafiran,kefasikan dan dari siksa alam kubur,
Engkau telah menciptakan aku dan aku adalah Hamba-MU
dan aku tetap dalam perjanjian-MU dan janjiku sekemampuanku,
Yaa Alloh,aku berlindung kepada-MU dari kejelekan yang kuperbuat,
aku kembali padaMU dengan nikmat-MU yang telah Engkau berikan padaku,
dan aku kembali dengan membawa dosaku,oleh karna itu ampunilah aku,
sebab,tiada seorangpun yang bisa mengampuni dosaku melainkan Engkau..
Yaa Alloh,aku berlindung kepada-MU dari kebingungan dan kesedihan,
aku berlindung kepada-MU dari sifat lemah dan malas,dari sifat bakhil dan rasa takut,
dan aku juga berlindung kepada-MU dari belenggu hutang dan paksaan seseorang..
Yaa Alloh,jadikanlah awal hari ini keberesan dan pertengahannya kebahagiaan dan akhirnya keberhasilan,
Dan aku memohon kepada-MU kebaikanku didunia dan akhirat kelak,
wahai sang pemberi Kasih Sayang...

Yaa Alloh..
aku memohon kepada-MU keridhaan dihari keputusan,kehidupan yang damai setelah mati,
kenikmatan ketika memandang wajah-MU yang sangat Mulia,
kerinduan untuk menemui-MU tanpa ada bencana yang membahayakan dan fitnah yang menyesatkan,
dan aku juga berlindung kepada-MU dari berbuat dzalim dan di dzalimi,
dari berbuat aniaya dan di aniaya ,dan dari perbuatan dosa dan kesalahan yang tidak Engkau ampuni,

Yaa Alloh..
aku berlindung kepada-MU dari dikembalikan kepada urusan yang paling hina,
yaa Alloh,tunjukanlah kepadaku barokah dalam rezekiku,
yaa Alloh,bereskanlah bagiku agamaku,luaskanlah tempat berpijakku,
yaa Alloh,aku berlindung kepada-MU dari kekerasan hati,kelalaian,kehinaan,
kemiskinan dan aku berlindung kepada-MU dari kekafiran,kefasikan,perpecahan,sifat sum'ah dan riya,
dan aku berlindung kepada-MU dari sifat tuli,bisu,penyakit kusta dan penyakit-penyakit yang parah lainnya.

Yaa Alloh..
Limpahkanlah ketaqwaan kepada jiwaku dan sucikanlah jiwaku,
karna Engkalulah sebaik-baiknya yang mensucikan jiwa,
Engkau pembimbingnya dan pemberi petunjuknya,
yaa Alloh,aku berlindung kepada-MU dari ilmu yang tidak bermanfaat,
hati yang tidak khusyuk,jiwa yang kering dan dari do'a yang tidak diijabah.
yaa Alloh,aku berlindung kepada-MU dari kejahatan yang aku lakukan dan yang tidak aku lakukan,
yaa Alloh,aku memohon perlindungan-MU dari hilangnya kenikmatan-MU,
bergantinya afiat-MU,siksaan yang datang secara tiba-tiba dan dari semua kebencian-MU,

Yaa Alloh..
aku memohon kepada-MU kewajiban atas kasih sayang-MU,ketetapan ampunan-MU,
ghanimah dari setiap kebaikan,keselamatan dari setiap dosa,kemenangan
dan keberuntungan di syurga dan selamat dari api neraka.
yaa Alloh,perbaikilah urusan agamaku yang dia pelindung segala urusanku,
perbaikilah pula urusan duniaku yang disana tempat kehidupanku,
perbaikilah urusan akhiratku yang disana tempat kembaliku dan
jadikanlah,kehidupan ini tambahan bagiku dari setiap kebaikan,
jadikanlah kematian sebagai ketenangan bagiku dari setiap kejahatan,
yaa Alloh,jagalah diriku dari semua bencana,janganlah Engkau mencelakakan aku,
dan berilah aku pertolongan dan janganlah Engkau melalaikan aku,
dan berilah aku petunjuk dan mudahkanlah aku untuk mendapat petunjuk-MU,

Yaa Alloh..
Jadikanlah diriku sebagai orang yang senantiasa mengingat-MU,
orang yang senantiasa mensyukuri atas setiap nikmat-MU,
sebagai orang yang selalu mentaati-MU,sebagai orang yang selalu merendahkan dihadapan-MU,
yaa Alloh,terimalah taubatku,sucikanlah perkataan hatiku dan kabulkanlah do'aku,
tetapkanlah keinginanku dan berilah hatiku sebuah petunjuk darimu,
arahkanlah lisanku dan lenyapkanlah kedengkian didalam dadaku.
yaa Alloh,aku memohon kepada-MU ketetapan hati atas petunjuk-MU,
dan aku memohon kepada-MU supaya aku menjadi orang yang bersyukur akan nikmat-MU,
dan kebaikan ibadahku,dan aku memohon kepada-MU hati yang bersih dan selamat dan lisan yang jujur,

Yaa Alloh..
Berilah aku iman sebagai petunjukku dan jagalah aku dari kejahatan jiwaku,
yaa Alloh,aku memohon kepada-MU untuk senantiasa bisa melakukan kebaikan-kebaikan,
meninggalkan kemungkaran,dan mencintai orang-orang yang miskin,
yaa Alloh,berilah ampunan kepadaku dan curahkanlah rahmat-MU kepadaku,
dan apabila Engkau menghendaki sebuah fitnah ataupun ujian kepada hamba-MU ini,
maka kembalikanlah diriku ini kepada-MU tanpa kena fitnah.

Yaa Alloh..
aku memohon kepada-MU supaya Engkau meningkatkan ingatan dzikirku,
menenggelamkan dosa-dosaku,mensucikan hatiku,menjaga kehormatanku,
dan mengampuni segala salah dan dosaku,
yaa Alloh,aku memohon kepada-MU keberkahan pada pendengaranku,
penglihatanku,akhlakku,keluargaku,hidupku,perbuatanku,dan terimalah kebaikan-kebaikanku,
dan aku memohon kepada-MU derajat yang tinggi di syurga-MU.
yaa Alloh,yang membolak-balikan hati,tetapkanlah hatiku untuk slalu berpegang teguh kepada Agama-MU,
yaa Alloh yang memalingkan hati,palingkanlah hatiku untuk senantiasa mentaatimu,

Yaa Alloh..
Janganlah Engkau membiarkan kepada hamba segelintir dosa keuali Engkau ampuni,
tidak pula ke'aiban kecuali Engkau tutupi,tidak pula rasa bingung kecuali Engkau hilangkan,
tidak pula hutang kecuali Engkau mudahkan,dan tidak pula kebutuhan dari segal kebutuhan dunia dan akhirat yang Engkau ridhoi dan bagi hamba  padanya kemaslahatan kecuali Engkau yang mengaturnya,
yaa Alloh,aku memohon kepada-MU  rahmat dari sisi-MU yang dengannya Engkau memberikan hidayah atas hatiku,
mengumpulkan urusan-urusanku,mengatur hal-hal yang tidak beres dari diriku,
dan menjaga ketidakberadaanku,mengangkat saksiku,memutihkan wajahku,mensucikan perbuatanku,
memberikan ilham sebagai petunjukku,menahan segala fitnah atasku dan
dengan rahmat-MU pula Engkau menjagaku dari setiap kejahatan.

Yaa Alloh..
aku memohon kepada-MU kemenangan pada hari keputusan,kehidupan dengan orang-orang yang bahagia,
tempat tinggal beserta para syuhada,orang-orang yang mengiringi para Nabi,
dan aku memohon kepada-MU pertolongan dari musuh-musuh yang akan membahayakanku,
yaa Alloh,sungguh aku memohon kepada-MU kesehatan pada keimanan,keimanan pada budi pekerti yang baik,keberhasilan yang menyertainya keberuntungan,rahmat dan afiat dari-MU,serta maghfiroh dan keridhoan-MU,
yaa Alloh,sungguh aku memohon kepada-MU kesehatan dan kesucian jiwa,budi pekerti yang baik,
dan ke ikhlasan atas qhadar-MU,

Yaa Alloh..
sesungguhnya Engkau mendengar pembicaraanku,
Engkau mengetahui keberadaanku,Engkau mengetahui sesuatu yang sembunyi dan nampak dariku.
tidak ada yang luput dari-MU sesuatu apapun dari segala urusanku,
dan aku adalah orang yang kering lagi Fakir,orang yang meminta pertolongan dan meminta perlindungan-MU
orang yang merasa takut dan belas kasihan terhadap orang yang mengakui dosanya atas-MU,
aku memohon kepada-MU seperti permohonannya orang miskin,
aku berdo'a kepada-MU dengan sepenuh hatiku,
laksana do'anya orang yang berdosa yang merendahkan dirinya kepada-MU,
dan aku berdo'a kepada-MU seperti do'anya orang yang ketakutan seperti do'anya orang yang menurunkan lututnya untuk bersujud merendahkan badannya dan menanapkan hidungnya untuk meminta supaya Engkau mengabulkan do'anya..
Aamiin..aamiin..yaa Robbal'alamiin..
Bunda..I LOVE U so much..