Jumat, 25 Mei 2012

Berdo'a setelah shalat


Selesai dari salam yang kedua seorang yang shalat telah keluar/selesai dari shalatnya. Untuk selanjutnya seyogyanya diteruskan dengan mengamalkan berdo'a  setelah shalat agar shalat tersebut sempurna dan hendaklah ditutup dengan doaDibawah ini kami tulis doa sederhana setelah shalat. Doa ini kami susun ringkas dengan tujuan agar mudah dibaca dan diamalkan.


1. Doa pembuka
Doa ini dibaca didepan pada setiap doa apapun yang kita baca dengan tujuan semoga doa kita nantinya dapat diterima dan dikabulkan oleh Allah SWT. Inti pembuka doa ada 2 yaitu hamdalah dan selawat, berikut lafaznya :doa pembuka1 Doa Sederhana Setelah ShalatBismillahirrahmanirrahim, Alhamdulillahirobbil’alamin, Allahumma sholli ‘ala sayyidina Muhammad wa’ala ali sayyidina Muhammad
“Dengan menyebut nama Allah yang Maha Pengasih lagi Maha Penyayang. Segala puji bagi Allah Tuhan seru sekalian alam. Ya Allah, limpahkanlah selawat dan salam kepada tuan kami Muhammad dan Keluarga tuan kami Muhammad”.

2. Doa untuk kedua orang tua
Doa untuk kedua orqng tua1 Doa Sederhana Setelah ShalatRobbighfirli waliwalidayya warhamhuma kama robbayani shoghira
“Wahai Tuhanku, ampunilah dosaku dan dosa kedua orang tuaku, kasihilah mereka sebagaimana mereka mengasihi aku waktu kecil”.

3. Doa keselamatan
doa keselamatan1 Doa Sederhana Setelah Shalat
Allahumma inna nasaluka salamatan fiddini wa’afiyatan fijjasadi waziadatan fil’ilmi wabarokatan firrizqi wataubatan qoblal mauti warohmatan ‘indal mauti wamaghfirotan ba’dal mauti
“Ya Allah, kami memohon kepadaMu keselamatan dalam beragama, kesehetan pada tubuh, tambahan ilmu, keberkahan dalam rezeki, tobat sebelum mati, kasih sayang ketika ajal dan ampunan setelah mati”.

4. Doa mendapat ilmu yang bermanfaat
doa ilmu manfaat1 Doa Sederhana Setelah Shalat
Allahummangfa’na bima ‘allamtana wa’allimna ma yangfa’una warzuqna ‘uluman tangfa’una fiddini waddunya walakhiroh
“Ya Alloh, berilah kami kamanfaatan ilmu yang Engkau ajarkan pada kami, ajarilah kami ajaran yang bermanfaat dan berilah kami rezeki berupa ilmu yang berguna bagi kami dalam urusan agama, dunia dan akhirat”.

5. Doa sapu jagad ( doa yang mencakup segalanya )
doa sapu jagad1 Doa Sederhana Setelah Shalat
Robbana atina fiddunya hasanah wafil akhiroti hasanah waqina ‘adzabannar
“Wahai Tuhan kami, berilah kkami kebaikan di dunia, kebaikan di akhirat dan jagalah kami dari siksa api neraka”.

6. Penutup doa
Penutup doa ini dibaca untuk menutup doa yang kita baca. Sebagaimana pembuka doa, penutup doa juga terdiri dari dua yaitu hamdalah dan selawat. Berikut lafaznya :
doa dan selawat penutup1 Doa Sederhana Setelah Shalat
Washollallahu ‘ala sayyidina Muhammadin wa’ala alihi wasohbihi wasallam walhamdulillahirobbil’alamin
“Dan semoga Allah melimpahkan selawat dan salam kepada tuan kami Muhammad beserta keluarga dan para sahabat. Dan segala puji bagi Allah Tuhan seru sekalin alam”.
Demikianlah doa sederhana setelah shalat, semoga teman-teman dan para pembaca dimudahkan oleh Allah SWT dalam mengamalkannya. Harapan kami mudah-mudahan Allah SWT berkenan mendengar doa kita dan mengabulkannya.